Panduan memilih web hosting

Memilih layanan hosting yang tepat untuk website Anda terkadang cukup membingungkan terlebih lagi bagi para pemula. Begitu banyak paket dan pilihan yang tersedia dan beberapa orang tidak terlalu yakin apa sebenarnya yang dibutuhkan. Tapi seiring dengan berjalannya waktu, sebenarnya permasalahan ini tidaklah terlalu sulit. Beberapa hal dapat menjadi pertimbangan dalam memilih paket hosting :

  • Quota (Space Hosting)Ini merupakan space  atau tempat yang tersedia untuk menempatkan file-file dan database website. Standar ukuran ini biasanya berupa Megabyte (Mb) atau Gigabyte (Gb).  
  • Bandwidth (Traffic Hosting)Bandwidth adalah jumlah data yang keluar dan masuk dari website. Semakin banyak pengunjung website, maka semakin tinggi pula data transfer yang keluar dan masuk. Untuk ukuran bandwidth biasanya berupa Gigabyte (Gb).
  • Kecepatan Transfer (Transfer Rate)Secara umum, server hosting yang berlokasi di Indonesia akan optimal untuk pasar yang penggunanya mayoritas dari Indonesia, misalnya. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan hosting dengan server US (Amerika) lebih cepat dari server di Indonesia.
  • Uptime dan Backup DataPeriksalah apakah hosting memberikan jaminan pada data anda yang didukung oleh perjanjian layanan dan kompensasi jika tidak terpenuhi. Banyak penyedia hosting yang hanya menyebutkan uptime besar tanpa didukung dengan fasilitas untuk memeriksa dan perjanjian untuk keamanan anda.
  • Linux Hosting / Windows HostingUntuk pilihan ini tergantung dari aplikasi yang akan digunakan.
Shared Hosting / Dedicated ServerApabila website yang akan di publish merupakan website dengan traffic dan resource yang kompleks dan membutuhkan kinerja yang sempurna, maka akan lebih baik jika menggunakan Dedicated Hosting. Untuk website yang standar seperti Blog dan Company Profile, cukup memilih shared hosting saja.

Artikel Terkait



0 komentar:

Posting Komentar

Jadilah pengunjung yang aktif, komentar anda sangat berarti.