Beberapa cara tingkatkan SEO / SEF joomla

1. Menggunakan keyword di dalam judul/nama website

Judul yang dimaksud adalah judul website yang muncul di pojok kanan atas dalam browser. Ini adalah faktor pertama dalam penentuan pemeringkatan website.
Pilihlah judul website dengan sangat hati-hati, karena di Joomla ini akan dijadikan judul disetiap artikel dan nama setiap link yang tertuju kepadanya.

2. Memperbanyak link ke dalam website sendiri (inbound link)

Sebagai default warna link ini adalah biru dengan garis bawah (kecuali jika diubah stylenya) yang digunakan untuk menghubungkan (link) suatu halaman web ke halaman lainnya.
Perbanyaklah link kewebsite sendiri dengan cara melalui iklan/promosi online maupun networking.


3. Meningkatkan popularitas link (PageRank)

Berapa jumlag link dari luar yang menuju halaman Joomla anda disebut sebagai popularitas link (link popularity) atau di google di sebut sebagai PageRank.
Semakin banyak website yang link ke website kita akan semakin baik, dengan Joomla sebagai CMS yang sangat mudah dan populer, maka membuat halaman yang berkualitas perharinya sangatlah mudah.
Konten yang berkualitas merupakan faktor yang sangat penting dalam meningkatkan jumlah link yang menuju kewebsite kita. Untuk website yang kinerjanya bagus, umumnya mempunyai 200 halaman dengan konten yang berkualias. SEO secara instan sudah tidak ada lagi atau mati, hanya ada satu jalan untuk meningkatkan SEO, yaitu kekayaan konten.

4. Usia website

Sejak kapan website terdaftar. Tidak banyak yang dapat diperbuat dengan ini!. Untuk website spam umumnya tidak ada yang berusia panjang.

5. Popularitas link dalam website sendiri

Ini adalah jumlah link dalam website sendiri yang menuju ke artikel lainnya.
Terkain point #2 juga, maka ini merupakan hal yang penting dalam membuat link ke halaman sendiri, maka perlu diperhatikan:
- Gunakan penamaan yang sesuai
- Sebaiknya digunakan modul Related, Latest atau Popular
- Gunakan sitemap (peta situs)

6. Pemilihan topik yang relevan antara inbound link dan popularitas websitenya

Merupakan yang penting mendapatkan inbound link yang berkualitas, maksudnya yaitu setiap inbound link haruslah yang mempunyai topik yang relevan dan mempunyai pagerank yang tinggi
- gunakan google “relevant:nama.website.com” untuk melihat relevansi website kita, kontak 20 besar dari mereka yang keluar dalam google tersebut
- Pastikan anda mempunyai blogs atau artikel dan website mereka juga, yang saling memberikan link dalam topik-topik yang relevan.

7. Gunakan keyword dalam text body

Tetaplah penting menggunakan keyword  dalam setiap paragraf, perhatikan kepadatannya.
- Targeted keyword ditulis diparagraf pertama dan terakhir. Trik sederhana yang dapat digunakan yaitu dengan menggunakan sebuah tool untuk mencari keyword yang paling sering dipakai. Gunakan 3 teratas untuk dimasukkan dalam meta keyword di dalam Joomla (melalui admin)
- Gunakan Heading H2 - H6 dalam keyword, ini akan lebih berarti. H1 untuk headline, walaupun ini kurang nilainya.
- Gunakan keyword dalam huruf tebal/strong, demikian juga dengan nama alternatif di dalam gambar.

8. Ukuran file

Dalam goole kelihatannya ini tidak banyak pengaruh, akan tetapi umumnya website yang ukurannya kecil mempunyai peringkat yang lebih tinggi. Maka perhatikanlah penggunaan gambar, jangan banyak-banyak.

9. URL yang bersih

Walaupun berdasarkan studi dari Jerman, bahwa keyword dalam url tidak banyak berpengaruh, akan tetapi ini kelihatannya mempunyai efek yang positif. Parameter yang sedikit (seperti ?id=123 ) adalah penting, maka aktifkan joomla SEF akan tetapi jangan terlalu berkutat disini.

10. Rawatlah website agar error minim

Banyak website lupa mengatur halaman error, seperti halaman tidak ditemukan (404 page not found), pastikan bahwa user diarahkan dari halaman yang “gagal” ke halaman yang berarti bagi user.
Ini hanyalah masukan untuk yang sedang berlomba-lomba tentang pemeringkatan website, semoga berguna.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Jadilah pengunjung yang aktif, komentar anda sangat berarti.

Trik Internet Gratis

Artikel Lainnya

Archives