Mengganti shortcut icon blogspot

Design Blog tentunya sangat dibutuhkan dalam mempercantik tampilan blog maupun web site kita. Salah satunya adalah mengganti shortcut icon.

Shortcut icon adalah icon yang muncul di browser Anda ketika Anda mengunjungi sebuah website. Sebagai contoh, ketika Anda mengunjungi halaman ini, terlihat pada tab browser icon berkedip. Sebutan lain untuk itu adalah favicon atau favorite icon. Cara membuatnya sangat mudah. Mari langsung mempraktekannya untuk blog Anda dengan petunjuk di bawah ini.
Menyiapkan icon
Pertama Anda harus menyiapkan file gambar sebagai icon berukuran kecil. Saya menggunakan file gif dengan ukuran 45 x 45 pixel tidak perlu terlalu besar.


File gambar tersebut ditempatkan di folder host, atau jika tidak memiliki host, gunakan lokasi penyimpanan yang disediakan blogger. Caranya, buat posting seperti biasa kemudian tambahkan gambar Anda, publish atau terbitkan entri. Jika Anda mengedit post Anda, di sana terlihat bahwa gambar disimpan di lokasi blogger. Sebagai contoh adalah gambar berikut:

http://2.bp.blogspot.com/_g_0bRGid_fU/S8HVSWWtaOI/AAAAAAAAABw/U1ooHQYWSa0/s1600/BmIcon.png

Sebagai latihan, Anda bisa menggunakan URL tersebut sebagai gambar untuk shortcut icon Anda.
Menyisipkan Link Rel untuk Shortcut icon
Silahkan login ke blogger, pada dashboard Anda, pilih menu Tata Letak kemudian pilih Edit HTML. Letakkan cursor Anda setelah tag </title> sebelum tag </head>. Lalu sisipkan kode berikut ini:

<link href='http://2.bp.blogspot.com/_g_0bRGid_fU/S8HVSWWtaOI/AAAAAAAAABw/U1ooHQYWSa0/s1600/BmIcon.png' rel='shortcut icon' />

Simpan template Anda dan lihat hasilnya pada browser.

Untuk mengganti dengan gambar Anda sendiri, Anda cukup menggantikan URL lokasi gambar - yang diblock dengan background kuning dengan URL milik Anda sendiri.

Atau, Anda juga bisa menggunakan bantuan online tool untuk membuat shortcut icon.

Nice Try ...

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Jadilah pengunjung yang aktif, komentar anda sangat berarti.

Trik Internet Gratis

Artikel Lainnya

Archives