Buat dan submit sitemap di google webmaster tool

Setelah url website atau blog kita daftarkan di serach engine maka langkah selanjutnya yg harus dilakukan agar website atau blog bisa cepat ter-index di search engine, adalah membuat sitemap. Sitemap bisa dikatakan sebagai peta navigasi sebuah situs. Pada umumnya sitemap di gunakan untuk optimalisasi mesin pencari.

Untuk menginformasikan sebuah peta situs kepada search engine tentang halaman-halaman yang bisa di-crawl, para webmaster menggunakan cara sederhana yaitu dengan membuat sitemap berformat xml yang berisi daftar URL beserta metadata-nya masing-masing, misalnya : kapan sebuah content dari sebuah situs terakhir di-update, seberapa sering URL biasanya berubah, dan tingkat relatif keutamaannya terhadap URL lainnya. Metadata ini akan membantu search engine sehingga lebih mudah membaca dan menge-crawl situs.
cara membuat sitemap.xml untuk website atau blog bisa dilakukan dengan 3 cara yaitu dengan cara manual, menggunakan fasilitas xml-sitemap generator atau dengan menggunakan plugin.
1.  Cara Manual
Buat 3 file kosong dan upload-lah file² berikut ini dengan menggunakan FTP ke root dir website anda (/public_html/)
"sitemap.php" sebagai php script file yang akan membuat sitemap situs anda
"sitemap_temp.xml"
"404error.txt" (semua akses error akan tercatat disini)
Tambahkan baris berikut pada file .htaccess (sebelumnya backup dulu file .htaccess)
RewriteEngine on
#--- Site Map Php ---
RewriteRule (.*).xml(.*) $1.php$2 [nocase]
#--- end ---
Buka browser anda dan hit ke http://www.yourdomain.com/sitemap.php
File tersebut akan otomatis meng crawl link-link yang ada disitus anda, dan menuliskannya ke dalam file sitemap.xml
2.  Menggunakan xml-sitemap generator
Cara ini paling mudah dilakukan adalah dengan mengunjungi situs http://www.xml-sitemaps.com anda tinggal mengisi URL website anda, frekwensi perubahan peta situs yg akan di crawl oleh search engine yg anda inginkan, last modification, kemudian automatic priority selanjutnya tinggal klik start, tunggu beberapa saat selanjutnya anda tinggal dwonload file sitemap.xml hasil generated, lalu upload ke root directory website anda (/public_html/)

3. Menggunakan Plugin
Cara ini biasanya digunakan untuk website yang berbasis CMS seperti Wordpress atau Joomla, download plugin yang dibutuhkan kemudian install plugin tersebut, selanjutnya setup plugin untuk mendapatkan xml-sitemapnya, untuk website joomla! seperti website ini cara untuk mendapatkan sitemap.xml bisa lihat di sini
cara memasang xml-sitemap di search engine
mylife seo sitemap

  • Klik site configurations --> sitemaps --> pada kolom submit a sitemap ketik sitemap.xml --> klik tombol submit sitemap jika berhasil maka hasilnya seperti gambar di bawah

Artikel Terkait



3 komentar:

ino putro mengatakan...

ajib gan,, sukse juga punya saiiia,, thanks :D

abyscorphie mengatakan...

@ino putro : sama sama, banyak keuntungan sitemap memang, terutama bwt percepat index google(SEO). terima kasih pula untuk kunjungannya.

Jembersantri mengatakan...

sangat bermanfaat sekali

Poskan Komentar

Jadilah pengunjung yang aktif, komentar anda sangat berarti.

Trik Internet Gratis

Artikel Lainnya

Archives