Membuat akun dan verifikasi AlertPay

AlertPay merupakan salah satu mata uang elektronik yang ada di dunia maya, walaupun masih tergolong pendatang baru, AlertPay ternyata mampu menarik minat para pedagang-pedagang internet untuk menggunakan jasa AlertPay sebagai alat pembayaran di dunia maya. AlertPay mirip dengan PayPal yang menggunakan nama email para nasabahnya sebagai pengganti no. rekening untuk nasabahnya.

Untuk anda yang ingin membuka rekening di AlertPay, dan anda masih bingung saya akan mencoba membantu anda secara bertahap. Syarat-syarat untuk membuat account AlertPay :
  1. Berumur lebih dari 18 tahun
  2. Memiliki e-mail
  3. Memiliki Identitas diri, bisa dengan KTP, SIM, KTM (Kartu Tanda Mahasiswa)
  4. Memiliki rekening atas nama sendiri, misal Rekening Listrik, Rekening Telepon, Tagihan kartu kredit, Tagihan Pajak, yang nantinya untuk verifikasi nama dan alamat.
Untuk syarat no. 3 dan no. 4 dapat dilakukan setelah anda mendaftar, dan tidak ada tenggat waktu yang ditentukan oleh AlertPay untuk anda untuk mengirimkan data-data tersebut. Untuk lebih jelasnya akan dibahas di bawah nanti pada bagian Verifikasi akun AlertPay.Sekarang buka program browser dan masuk ke situs http://www.alertpay.com/ akan tampil halaman muka AlertPay seperti gambar di bawah ini.
Perhatikan gambar pada bagian pojok atas sebelah kanan yang dilingkari dengan warna merah, pilih Sign Up untuk membuat account, atau pilih Login khusus bagi anda telah membuat account/terdaftar. Jika belum pernah membuat account di AlertPay pilih Sign Up.
Selanjutnya akan muncul pada browser halaman registrasi seperti di bawah ini :

Pada gambar di atas, pilih Indonesia pada menu pull down di form Choose your country, pada gambar di atas, sebenarnya ada tiga pilihan yang diberikan untuk kita, yaitu Personal Starter, Personal Pro dan Business tetapi untuk saat ini saya akan bahas pada Personal Starter dan anda dapat mengupgrade ke Personal Pro atau Business di kemudian hari, jika merasa perlu.
Karena itu pilih akun jenis Personal Starter dengan meng-klik tombol GET STARTED setelah itu akan muncul di layar browser yang menampilkan form seperti gambar di bawah ini.Keterangan form :

  1. First Name : isi dengan nama depan anda, contoh jika nama lengkap anda
  2. Last Name : isi dengan nama anda tanpa nama depan anda
  3. Phone : isi dengan nomor telepon atau nomor HP anda.
  4. Address 1 : isi dengan alamat anda yang sesuai dengan ID (KTP/SIM/KTM
  5. Address 2 : optional, bisa di isi atau di kosongkan, di isi bila anda mempunyai alamat lain.
  6. City/Town : isi nama kota anda sesuai dengan ID anda, contoh Jakarta , Region : isi provinsi dimana anda tinggal sesuai dengan ID, contoh DKI jakarta
  7. Postal Code : isi dengan kode pos daerah anda, contoh 12345

Cek kembali data-data tersebut, karena data-data tersebut sangat penting untuk anda di kemudian hari, karena sampai tulisan ini dibuat anggota AlertPay dari Indonesia, penarikannya hanya dapat dilakukan melalui cek yang nantinya dikirimkan ke alamat anda. Jika data-data tersebut telah benar, tekanlah tombol NEXT dan di layar browser akan muncul halaman yang menampilkan form seperti gambar dibawah ini :
Terlihat pada gambar di atas, halaman ini memberikan formulir yang harus anda isi yang dibagi menjadi 3 kategori yaitu :

1. Login
Data-data ini diisi untuk keperluan login anda ke dalam situs AlertPay untuk mengatur saldo anda.

  • Email Address : Isi dengan alamat email anda, karena AlertPay tidak memiliki nomor Rekening untuk para nasabahnya, maka alamat email anda-lah yang menjadi pengganti identitas no rekening anda di AlertPay. Isi alamat email anda dengan benar, karena email anda diperlukan oleh AlertPay untuk verifikasi pendaftaran.
  • Password : Isi kata sandi untuk akun anda, perhatian !!! jangan pernah mengisi isi kata sandi yang sama dengan kata sandi untuk email anda, jangan mengisi kata sandi sama dengan kata sandi pada akun mata uang lainnya (khusus bagi anda yang telah mempunyai akun di PayPal). Isilah kata sandi yang susah ditebak orang lain dengan minimal 8 karakter yang merupakan kombinasi angka dan huruf.
  • Re-enter Password : masukkan kembali password yang telah anda pilih
2. Security Questions berfungsi sebagai pe-reset password, jika dikemudian hari anda lupa password untuk akun anda.

  • Question 1 : ada 4 pilihan, yaitu :
    Street name where you grew up? (Daerah dimana anda di besarkan)
    Mother’s maiden name? (Nama Ibu kandung)
    Name of first car you owned? (Nama mobil pertama anda)
    City of birth? (Kota kelahiran anda)
Plih salah satu pertanyaan di atas, yang nantinya anda isikan jawabannya pada form Answer 1. Answer 1 : isi sesuai dengan pertanyaan yang anda tentukan pada Question 1,
  • Question 2 : ada 4 pilihan, yaitu :
    What is your favorite city? ( Apa nama kota favorit anda )
    What is your favorite animal? ( Apa hewan favorit anda )
    What is your favorite song? ( Apa lagu favorit anda )
    What is favorite book? ( Apa buku favorit anda )
Pilih salah satu pertanyaan di atas, yang nanti anda isikan jawabannya pada form Answer 2. Answer 2 : isi dengan jawaban pada pertanyaan Question 2

3. Verification & User Agreement
Isi sesuai dengan gambar yang tersedia, jangan lupa beri centang pada baris terakhir, yang menyatakan anda telah setuju atas peraturan yang ditetapkan oleh
AlertPay.
Periksa data-data tersebut dengan teliti, kalau perlu anda catat dan disimpan। Setelah anda periksa klik tombol Register untuk melanjutkan langkah selajutnya, atau Previous untuk mengedit data sebelumnya.
Buka email anda, kemudian buka surat yang dikirimkan oleh AlertPay. Klik link yang terdapat di dalam email, yang kemudian mengarahkan anda ke halaman pendaftaran AlertPay selanjutnya. Selamat anda telah membuat akun pada AlertPay. Login akun AlertPay.

Sekarang coba anda cek akun anda dengan login di AlertPay, masuk ke halaman utama
AlertPay, dan klik Login yang terdapat di atas kanan halaman utama AlertPay, maka akan muncul form seperti gambar di bawah ini :

Isi Email sesuai dengan alamat email yang anda gunakan untuk mendaftar sebelumnya. Lalu isikan pula password-nya dan klik LoginMaka halaman akan menampilkan detail tentang status, saldo dan keterangan finansial akun AlertPay anda, seperti gambar di bawah ini.
Verifikasi akun
AlertPay Perhatikan gambar di atas, kemungkinan jika anda baru mendaftar di AlertPay maka halaman yang akan tampil akan seperti gambar di atas. Perhatikan tulisan-tulisan yang saya lingkari. Pending Account Verification, ini maksudnya akun anda sementara masih dalam pemeriksaan dikarenakan anda belum melengkapi data-data yang dibutuhkan. Tetapi jangan khawatir langkah ini tidak harus anda lakukan hari itu juga. Anda dapat mengirimkan data-data tersebut dikemudian hari jika anda telah mempersiapkannya.

Dengan akun Unverified, sebenarnya anda telah dapat melakukan kegiatan mendaftar di program-program PTC atau sejenisnya। Tetapi saran saya segeralah anda mengirimkan data-data tersebut jika anda ingin mencairkan/mentransfer uang ke rekening AlertPay anda.

Untuk syarat no। 3 dan no। 4 seperti yang saya sebutkan di awal tulisan ini, silahkan scanner ID & rekening tersebut dan kirimkan ke AlertPay dengan cara upload. Ini dimaksudkan oleh AlertPay untuk mencegah kegiatan Money Loundry, dan nantinya jika anda melakukan penarikan uang dari
AlertPay maka AlertPay akan mengirimkan Cek ke alamat rumah anda.

Data-data yang dibutuhkan :
  • ID berupa (KTP/SIM/KTM) cukup pilih salah satu ID yang anda punya।
  • No. Rekening/Tagihan, dapat dipakai rekening listrik, rekening telepon, tagihan kartu kredit, cukup pilih salah satu.
Setelah data-data tersebut komplit, scanner-lah data-data dengan format berwarna jangan hitam/putih. Jika anda belum mempunyai scanner, anda dapat meminta jasa rental yang ada scannernya, simpan file hasil scannernya dalam format JPG dan usahakan besar file tidak lebih besar dari 5 MB, intinya hasil scannernya dapat dengan mudah di baca oleh pihak AlertPay. Saran saya file data jangan lebih besar dari 1 MB, tetapi jangan pula sampai tidak bisa di baca. Jika belum paham dalam pengolahan gambar, anda dapat meminta jasa teman atau rental untuk mengolah file hasil scanner data-data tersebut. Buat ukuran filenya sekecil mungkin dan gambarnya sejelas mungkin.

Mengirimkan data-data ke
AlertPay. Klik link Verified atau Check your verification status dan anda akan di arahkan kehalaman upload data.

Ada 2 langkah pengiriman ID, yaitu :
1. Pengiriman pertama adalah pengiriman ID anda. Pilih salah satu ID yang sesuai dengan dokumen yang telah anda siapkan, contoh pilih ID Country untuk mengirimkan data KTP, atau Drive’s Licence untuk SIM anda. Lalu pada bagian paling bawah halaman tekan tombol Browse dan pilih file yang berisi data KTP/SIM anda dan klik Upload, untuk mulai mengirim file. Tunggu sejenak sampai proses Upload selesai. Semakin besar file semakin lama proses Upload. Jangan memutuskan koneksi internet selagi proses Upload sedang berlangsung, jika proses Upload terputus, maka dapat dipastikan pengiriman gagal, dan anda harus mengulang pengiriman file tersebut.
2. Pengiriman kedua sama dengan langkah pengiriman pertama, pilih jenis rekening yang telah anda siapkan lalu kirim file tersebut.

Jika pengiriman file telah selesai, maka anda harus menunggu 10 hari masa kerja untuk diperiksa oleh AlertPay. Anda telah bisa memakai akun
AlertPay untuk bertransaksi online. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait



0 komentar:

Poskan Komentar

Jadilah pengunjung yang aktif, komentar anda sangat berarti.

Trik Internet Gratis

Artikel Lainnya

Archives